Pengajuan Izin Operasional Pesantren

Client
Direktorat Jenderal PENDIS KEMENAG RI
Date
Tahun 2017
Services
Web Applications
Website

Website ini digunakan untuk proses pembuatan hingga perpanjangan/pencabutan ijin operasional pesantren, didalamnya . Untuk pengajuan ijin baru, pesantren harus mendaftar melalui website dan mengunggah syarat-syarat perijinan seperti informasi mengenai sarana-prasarana, jumlah santri dan hal terkait lainnya. Proses selanjutnya petugas KEMENAG Kabupaten akan menjadwalkan visitasi ke lokasi untuk verifikasi data yang terekam di sistem, jika semua data telah sesuai maka petugas akan mengunggah foto-foto dan surat rekomendasi. Setelah ada rekomendasi dari KEMENAG Kabupaten, maka tahap berikutnya yaitu approval dari KEMENAG Provinsi dengan melalui proses review terlebih dahulu untuk memperoleh rekomendasi KEMENAG Provinsi. Apabila semua persyaratan telah diverifikasi dan disetujui, maka akan dilakukan approval oleh KEMENAG Pusat. Petugas akan melakukan peninjauan ulang terhadap semua dokumen, foto-foto dan surat rekomendasi yang telah dikeluarkan oleh KEMENAG Kota/Kabupaten dan Provinsi. Tahap terakhir yaitu proses pemberian suatu piagam SKNSPP (Surat Keputusan Nomor Statistik Pondok Pesantren) oleh KEMENAG Pusat yang nantinya menjadi dasar diterbitkannya ijin operasional pesantren oleh KEMENAG Kota/Kabupaten.

Membutuhkan sistem informasi berbasis web?